Posts Subscribe to InFoGauLComments

Online bookmark Bookmark

KANGEN MASAKAN BANGKA :P

Waaaah gini hari dulu kalau diBangka pasti udah kelayaban kemana mana , ke pantai Pasir Padi lah , ke Portal Bukit Baru lah , stadion sama alun2 kota Pangkalpinang. Apalagi masakan khas dari sana . .  .nyam nyaam. . . .
Naah gua kali ini pengen bagi2 cerita gimana enak nya tuh masakan. Pengen tau ? cekiceeew. . .






1. Lempah Darat





Masakan yang satu ini merupakan salah satu masakan asal Bangka. Biasanya bahan nya adalah alar keladi (talas) , belacan (terasi) dan bumbu2 lain nya. Tapi kalau sekarang udah di modip2  .Ntah itu pakek labu , kacang panjang, belimbing wuluh, macem2 pokok e. .













2.Lempah Kuning

Yang ini paling favorit ke gua. Masakan yang cuma diplanet ini yang menurut gua paling enak ( lebay :) ). Masakan ini terbuat dari kunyit ,maka dari itu kuah nya kuning2 gitu. Terus asam. Tapi yang paling penting isi nya sih. Apa itu ikan laut, ayam atau udang atau ikan pari juga bisa. Dan ditambah nanas atau belimbing wuluh untuk menambah rasa. Paling enak masakan ini di sediain anget2 , pedes2 sama nasi hangat juga. Dijamin itu mulut gak berhenti makan ini. hhhahahahaha. . .








3. Sambal Belacan

Sambal yang terbuat dari bahan utama belacan (terasi) ini paling enak di hidangin sama ikan asin, lalapan dan nasi hangat. Apalagi yang masakin sambelnya nenek gua .Mulut rasa nya pasti mau meledak . . .pedes beeeud, but nice :)










4. Rusip

Gua sih gak terlalu suka karena asem nya, karena ini
dibuat dari ikan teri atau ikan bilis .terus difermentasiin .Temen nya ini cabe rawit , jeruk nipis  isssssssssssh. . . (keecep keeeceep)













Dan masih banyak masakan masakan yang ada di sana selain masalah pantai indah di Bangka . . . .
Kangen ? ya kangen lah. . . .:)


np: tengkiu sama mbah google yang udah ngizinin kopas gambar nya

0 komentar:

Posting Komentar

 

Follows

Blogroll

Traffic Info